12 Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil yang Wajib Diperhatikan

12 Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil yang Wajib Diperhatikan

Libur natal dan tahun baru hampir segera tiba. Bagi yang akan mudik ke kampung halaman untuk merayakan natal, segera persipkan apa saja barang bawaan yang akan dibawa, baik itu oleh-oleh atau barang penting lainnya. Bagi yang akan berlibur ke tempat wisata atau ke rumah nenek dikampung, periksa juga barang bawaan yang harus dibawa, supaya liburan kalian berjalan lancar.

Untuk Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil, jangan lupa untuk melakukan hal-hal yang harus kamu lakukan ketika kamu akan melakukan perjalanan jauh.

Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil

Berikut ini adalah tips yang harus diperhatikan jika kalian akan melakukan perjalanan jauh menggunaan mobil. Jangan sampai rencana liburan kalian tidak tercapai karena persiapan yang kurang maksimal. Ada beberapa hal yang harus kalian lakukan, yuk simak ulasan mengenai tips perjalanan jauh menggunakan mobil bersama – sama.

1. Mengecek Kondisi Mobil

Tips perjalanan jauh menggunakan mobil yang pertama yakni mengecek kondisi mobil. Kondisi kendaraan sangat menentukan perjalanan yang akan kamu lakukan. Jangan sampai sedang di perjalanan tiba-tiba mobil kamu bermasalah dan mengganggu semangatnya untuk berlibur, yang lebih buruknya lagi terjadinya kecelakaan mobil yang kamu kendarai.

Maka mengecek mobil yang akan kamu kendarai adalah salah satu antisipasi supaya perjalanan kamu selamat sampai di tujuan. Pengecekan yang perlu kamu lakukan yaitu periksa oli mesin mobil kamu. Pastikan oli masih penuh atau cukup untuk melakukan perjalanan jauh.

Cara mengeceknya yaitu dengan melihat batas oli yang menempel pada stik. Batas oli yang aman yaitu menempel di garis antara huruf L dan F. Jika oli dibawah garis L maka tambahkan oli secukupnya. Jangan lupa juga untuk mengecek batas waktu kilometer pemakaian oli, supaya oli cukup untuk melakukan perjalanan jauh. Meskipun mobil baru seperti kijang innova type v at diesel, tetap saja wajib dicek terlebih dahulu

2. Pastikan Air Radiator Masih Dalam Kondisi Baik

Tips perjalanan jauh menggunakan mobil yang kedua adalah pengecekan pada air reservoir dan air radiator. Pastikan air radiator dalam keadaan penuh dan air reservoir berada pada batas level dan tidak perlu terlalu penuh. Cek juga selang radiator dan selang penghubung menuju reservoir.

Pastikan tidak ada selang yang menggelembung atau retak supaya saat diperjalanan tidak terjadi selang peceh, apabila menemukan selang seperti itu sebaiknya cepat diganti. Selain itu pastikan juga selang yang terpasang pada mesin dan radiator telah terpasang dengan kencang dan tidak bocor. Nah anda bisa juga mempelajari cara mengganti air radiator mobil, sebagai penanggulangan jika terjadi masalah di jalan.

3. Pastikan Bagian Selang Bensin dan Filter Masih Bagus

Pengecekan selanjutnya pastikan filter dan selang bensin dalam keadaan baik. Pastikan selang bensin dalam keadaan tidak bocor atau tidak retak dan filter bahan bakar tidak tersumbat. Bagi yang sering melakukan servis mobilnya ke bengkel, biasanya filter bahan bakar akan selalu bersih untuk Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil.

4. Pengecekan Putaran Kipas Pendingin

Putaran kipas dapat dilakukan oleh belt dan motor listrik. Jika kipas pendingin diputar oleh belt , pastikan belt dalam keadaan baik dan tension belt memberikan putaran yang optimal. Apabila kipas pendingin diputar oleh motor listrik, pastikan motor listrik dalam kondisi yang layak.

Saat berkendara perhatikan jarum pointer penunjuk temperatur, apabila jarum melebihi garis yang ada ditengah tandanya mesin dalam keadaan panas tapi masih aman, tapi apabila sudah melebihi garis tengah sebaiknya mobil berhenti dulu supaya mesin mobil dingin kembali.

5. Pengecekan Timing Belt

Pastikan untuk mengganti timing belt apabila jarak tempuh penggunaan timbing belt sudah mencapai 50.000 km walaupun timing belt masih dalam keadaan bagus. Karena pabrik merekomendasikan untuk mengganti timing belt setelah 50.000 km sekali.

6. Pengecekan Aki Mobil

Periksa aki mobil dengan cara mengecek apakah baut kutub terpasang dengan benar dan bersihkan kotoran atau kerak yang menempel pada kutub aki. Selanjutnya periksa level air akia apakahmemenuhi level cukup apa tidak, bila kurang kamu bisa menambahkan air aki murni bukan air zuur (H2SO4) ya. Proses pengecekan yang anda lakukan ini bisa digunakan sebagai salah satu cara merawat aki mobil agar tetap dalam kondisi baik.

7. Pengecekan Ban

Ban mobil juga harus di cek, apakah tekanan angin pada ban sudah 30-34 psi. Nah berarti anda wajib mempelajari tips merawat ban mobil terlebih dahulu. Selanjutnya anda bisa periksa juga bagian permukaan ban, apakah ban sudah gundul atau tidak. Jika ban sudah gundul, maka lakukan penggantian ban.

8. Pengecekan Rem

Pengecekan selanjutnya dilakukan pada rem mobil. Periksa reservoir apakah minyak rem sudah menyentuh level seharusnya atau tidak, jika kurang berarti ada kemungkinan terjadinya kebocoran. Cek selang dan master rem apakah ada kebocoran atau tidak dan cek juga velg apakah ada basah , kalo iya tandanya ada kebocoran silinder roda. Segera lakukan perbaikan.

9. Pengecekan Lampu

Selanjutnya cek semua lampu, apakah lampu menyala dan berfungsi secara masksimal. Apabila ada lampu yang mati atau tidak berfungsi secara maksimal, segera lakukan penggantian dengan lampu yang baru.

10. Pengecekan Wipper

Cek juga bagian wipper kaca, apakah berfungsi secara maksimal atau tidak supaya saat berkendara dalam keadaan hujan tidak mengalami masalah kaca mobil yang buram sehingga mengganggu perjalanan karena pengendara tidak bisa melihat jalan.

11. Mengecek Barang Bawaan

Barang yang perlu dibawa apabila akan melakukan perjalanan jauh diantaranya yaitu ban serep dan dongkrak. Pastikan ban serep sudah ada di mobil begitu juga dengan dongkraknya. Karena jika ban serep dibawa tapi dongkraknya tidak kamu bawa ya percuma saja, ban serep juga gak ada gunanya. Begitupula sebaliknya.

12. Bawa Toolkit

Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil harus bawa toolkit, charger mobil, alat navigasi, Kotak P3K, Kunci Setir, Kabel Jumper, Jarigen dan pompa penyedot bensin, roof box, tempat sampah, dan uang receh. Kalian pasti tau kegunaan dari barang-barang yang telah diseutkan di atas jadi tidak usah dijelaskan lagi ya.

Semua itu harus kamu cek apakah semua barang diatas sudah ada di mobi apa belum. Karena perjalanan yang jauh akan mengakibatkan banyaknya kemungkinan yang akan terjadi, maka dari itu persiapan pun harus benar-benar dilakukan secara maksimal supaya tidak ada barang yang tertinggal.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai tips perjalanan jauh menggunakan mobil yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi.

Sumber : https://showroommobil.co.id/tips-dan-trick/tips-perjalanan-jauh-menggunakan-mobil/

About The Author

Zipitrans

No Comments

Leave a Reply

TESTIMONI PELANGGAN

APA KATA MEREKA


Di bawah ini adalah beberapa dari Testimoni para pelanggan kami. Jika Anda hendak memberi testimoni dan kepuasan ke kami, silakan isi formulir yang tersedia, atau silakan Chat langsung melalui Livechat

HUBUNGI KAMI

Contact Us


Saat kami sedang offline, silakan isi form kontak di bawah ini. Untuk kontak lebih cepat, bisa via Telepon, Live Chat atau WA

Jam Layanan:

Setiap Hari : 05.00 am – 22.00 pm
Sat-Sun: 05.00 am – 16.00 pm

Nomor Kontak:

Telp. 0813 82 8000 82

WA. 0813 82 8000 82

Alamat Kantor:

Jl. Seruni 4 Blok F5 No. 10
Kel. Bencongan Indah

Kelapa Dua, Tangerang

SEND EMAIL