Cara Merawat Mobil Sebelum Ditinggal Pergi Lama

Cara Merawat Mobil Sebelum Ditinggal Pergi Lama

Apabila Anda sering melakukan perjalanan keluar kota, baik untuk tugas kerja maupun untuk berlibur, sehingga harus meninggalkan mobil.

Anda di garasi, mungkin hanya untuk beberapa hari, tapi mungkin juga hingga beberapa minggu, bahkan bulan. Agar kendaraan kesayangan Anda itu tetap dalam kondisi yang baik selama ditinggal pergi, Anda perlu Merawat Mobil Sebelum Ditinggal Pergi Lama, diantaranya:

1. Rem Tangan

Sebelum meninggalkan mobil, pastikan posisi rem tangan dalam keadaan bebas. Karena, jika rem tangan ditinggalkan terlalu lama dalam posisi ‘masuk’, itu dapat menyebabkan kelengketan antara minyak dengan piringan rem.

Terutama yang menggunakan sistem tromol pada roda belakang. Sedangkan jika kondisi rem tangan tersebut memang sudah ‘macet’, bersihkan terlebih dulu agar dapat berfungsi kembali dengan normal.

2. Wiper

Agar karet wiper mobil tidak menempel dengan kaca mobil, sebaiknya diganjal dengan sepotong busa atau kayu. Jika hal tersebut tidak dilakukan dengan benar, karet wiper secara perlahan akan mengeras dan tidak lentur lagi.

Ini tidak hanya dapat merusak permukaan kaca mobil, tapi juga dapat mengakibatkan karet menjadi kasar saat digunakan. Cara lain, dengan menyemprotkan bahan silicone ke bagian karet wiper agar tidak menjadi getas atau robek saat ditinggal untuk waktu yang lama.

3. Suspensi

Untuk memastikan bahwa kondisi suspensi mobil tetap tejaga dan tidak dibebani oleh beratnya kendaraan, sebaiknya letakkan mobil di atas jack stand. Maka, saat Anda ingin menggunakan mobil kembali, suspensinya tetap nyaman.

Ini juga salah satu cara untuk mencegah terjadinya kebocoran di sekitar karet–karet suspensi. Pastikan mobil diletakkan dalam kondisi yang kokoh dan aman, agar tidak membahayakan area di sekitarnya, termasuk mobil Anda.

4. Aki

Jika Anda tidak akan menggunakan mobil lebih dari 2 minggu, sebaiknya akinya dilepas untuk menghindarinya kerusakan. Atau, gunakan portable charger yang dihubungkan ke aki tanpa harus melepas kabel aki. Dengan alat tersebut, aki akan selalu dalam keadaan optimal.

Melepas aki juga harus ada urutannya,yaitu positif dahulu, baru negatif. Karena bila tidak dapat terkena kelistrikan atau ecu-nya.

5. Oli

Ganti oli jika oli sudah mulai kotor. Ini salah satu cara untuk mencegah pengendapan deposit atau kotoran yang berlebihan dalam mesin mobil. Hal ini harus dilakukan agar kotoran tersebut tidak merusak komponen–komponen di dalam mesin juga sebagai cara Merawat Mobil Sebelum Ditinggal Pergi Lama.

Karena, jika terjadi kerusakan, bersiaplah untuk menyediakan dana yang tidak sedikit untuk melakukan overhaul mesin mobil tersebut.

6. Parkir

Hindari memarkir pada posisi miring. Jika memang tidak ada tempat yang datar, dianjurkan untuk mengganjal keempat ban dengan balok atau benda keras lain agar mobil dalam keadaan stabil dan tidak berubah posisi.

7. Pengharum

Agar bagian dalam kabin mobil tidak berbau apek karena tertutup dalam waktu yang lama, letakkan pengharum mobil di jok atau di sekitar dasbor. Pastikan Anda meninggalkan mobil dalam keadaan tertutup sehingga debu tidak masuk ke dalam celah–celah.

8. Pasang Sarung Penutup

Bila memungkinkan, pasang sarung penutup mobil juga untuk menghindari debu yg bisa membuat bekas pada body mobil.

9. Luruskan Posisi Ban

Bila mobil sudah menggunakan power steering, posisi ban harus lurus untuk mencegah cepat bocornya oli power steering mobil dan dengan Merawat Mobil Sebelum Ditinggal Pergi Lama.

Sumber : http://www.montirgw.com/tips-trick/detail/2615-tips-cara-merawat-mobil-sebelum-ditinggal-pergi-lama#.WvgBQu-FPIU

About The Author

Zipitrans

No Comments

Leave a Reply

TESTIMONI PELANGGAN

APA KATA MEREKA


Di bawah ini adalah beberapa dari Testimoni para pelanggan kami. Jika Anda hendak memberi testimoni dan kepuasan ke kami, silakan isi formulir yang tersedia, atau silakan Chat langsung melalui Livechat

HUBUNGI KAMI

Contact Us


Saat kami sedang offline, silakan isi form kontak di bawah ini. Untuk kontak lebih cepat, bisa via Telepon, Live Chat atau WA

Jam Layanan:

Setiap Hari : 05.00 am – 22.00 pm
Sat-Sun: 05.00 am – 16.00 pm

Nomor Kontak:

Telp. 0813 82 8000 82

WA. 0813 82 8000 82

Alamat Kantor:

Jl. Seruni 4 Blok F5 No. 10
Kel. Bencongan Indah

Kelapa Dua, Tangerang

SEND EMAIL