Inilah Alasan Mengapa Ubi Cilembu Sangat Istimewa dan Enak

Inilah Alasan Mengapa Ubi Cilembu Sangat Istimewa dan Enak

Jika anda sedang jalan-jalan ke daerah Jawa Barat , jangan lupa juga mencipipi makanan terbaik yang dimiliki daerah ini. Salah yang unik dan terbaik untuk makanan khas dari daerah Jawa Barat ini adalah Ubi Cilembu. Ini merupakan kultivar ubi jalar yang sebenarnya berasal dan tumbuh dari ras lokal asal Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. Ubi jalar ini sangat populer di kalangan konsumen semenjak tahun 1990-an hingga sekarang.

Apa sih yang istimewanya Ubi Cilembu?

Salah satu yang terbaik dan mengapa makanan ini sangat istimewa adalah kandungan yang terdapat didalamnya. Ubi Cilembu lebih dari sekedar umbi yang biasanya hadir dan tumbuh disekitar, karena ubi ini jauh lebih manis dan bila dioven akan mengeluarkan sejenis cairan lengket gula madu yang juga sangat manis. Karena itu, umbi Cilembu disebut juga dengan umbi si madu. Rasa manis umbi Cilembu ini jauh lebih manis dan lengket seperti gula madu, sehingga inilah yang menjadikan umbi ini lebih istimewa jika dibandingkan dengan umbi-umbi lainnya.

Dan karena mudah lengkat, ubi ini sangat tidak cocok untuk digoreng, karena kandungan gulanya yang tinggi dan membuat ubi ini sangat mudah “gosong”. Selain itu juga ubi ini tidak cocok untuk direbus, karena aroma dari “madu” nya justru berkurang, bahkan hilang. Pada umumnya produk Ubi Cilembu diperdagangkan dalam bentuk ubi bakar selain diolah dalam bentuk kripik, tape, dodol, keremes, dan bentuk lainnya yang lebih menarik. Tapi, pada dasarnya anda lebih mengharapkan ubi ini dalam bentuk dibakar karena akan terasa nikmatnya. Ubi Cilembu memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi karena rasanya yang khas, manis seperti madu dan legit, apalagi struktur dagingnya sangat kenyal dan menarik sehingga sangat digemari oleh banyak orang.

Selain itu, warna daging ubi ini juga cukup menarik dimana kulit dan daging ubi tampak berwarna krem kemerahan diwaktu mentah dan berwarna kuning bila dimasak dan bentuk ubi panjang berurat dan sangat menggiurkan. Bentuknya panjang dan kulitnya memang tidak mulus karena ada urat-urat panjang yang menonjol. Ketika dipanggang, dibakar, atau dioven, kulitnya yang berwarna gading akan muncul keluar dalam bentuk lelahan seperti madu.

Tapi, adakah nilai gizi yang terkandung?

Dan ternyata, Ubi Cilembu memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, yakni sekitar 7.100 IU (international unit). Ini merupakan jumlah yang cukup tinggi untuk perbaikan gizi bagi mereka yang kekurangan vitamin A. Padahal, umbi-umbian jenis lain, kandungan vitamin A lebih rendah dengan kisaran angka 0,001-0,69 mg per 100 gram. Selain vitamin A yang tinggi, Ubi Cilembu ini juga mengandung kalsium hingga 46 mg per 100 gram, vitamin B-1 0,08 mg, vitamin B-2 0,05 mg dan niacin 0,9 mg, serta vitamin C 20 mg.

Dimana saya bisa mencicipinya?

Nah, jika anda memang berniat untuk merasakan pengalaman pertama untuk mencicipinya, jika anda berada didaerah pusat kota Bandung, anda bisa pergi ke daerah dago atau tepatnya di Jl. Ir. H. Juanda , Ir. Haji Juanda (Dago Bawah) – Bandung. Namun jika ingin merasakan yang terbaik dan originalitas dari makanan ini, anda bisa pergi langsung ke daerah Sumedang, tepatnya di Desa Cilembu, 45365, Cilembu, Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45365.

Sumber : https://suryarentcar.com/ubi-cilembu/

About The Author

Zipitrans

No Comments

Leave a Reply

TESTIMONI PELANGGAN

APA KATA MEREKA


Di bawah ini adalah beberapa dari Testimoni para pelanggan kami. Jika Anda hendak memberi testimoni dan kepuasan ke kami, silakan isi formulir yang tersedia, atau silakan Chat langsung melalui Livechat

HUBUNGI KAMI

Contact Us


Saat kami sedang offline, silakan isi form kontak di bawah ini. Untuk kontak lebih cepat, bisa via Telepon, Live Chat atau WA

Jam Layanan:

Setiap Hari : 05.00 am – 22.00 pm
Sat-Sun: 05.00 am – 16.00 pm

Nomor Kontak:

Telp. 0813 82 8000 82

WA. 0813 82 8000 82

Alamat Kantor:

Jl. Seruni 4 Blok F5 No. 10
Kel. Bencongan Indah

Kelapa Dua, Tangerang

SEND EMAIL