Jangan Panik Sob! Jika Rem Blong, Lakukan Hal Ini

Jangan Panik Sob! Jika Rem Blong, Lakukan Hal Ini

Di kawasan perbukitan, atau jalan yang menanjak dan menurun, kendaraan sering kali mengalami rem blong, hal itu dikarenakan rem harus bekerja esktra sehingga menjadi overheat.

Lantas, apa yang kita harus lakukan jika mengalami rem blong? Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting membagikan tipsnya.

Hal yang paling penting jika mengalami rem blong, menurut Jusri, adalah tetap tenang.

“Jangan panik! Kemudian pastikan rem blong, bisa saja rem masih bekerja tetapi terjadi penyusutan kinerja rem,” kata Jusri saat ditemui GridOto.com di kantornya.

Bukan tanpa alasan, menurutnya jika pengendara panik, pengendara tersebut tidak akan bisa berpikir jernih untuk megaplikasikan penyelamatan diri.

Jika pengendara tidak panik, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperlambat laju kendaraan.

“Usahakan pindahkan transmisi ke gigi yang lebih rendah dengan cara yang tidak normal, misalnya, dari 5 ke 4, injak kopling kemudian lepaskan koplingnya tiba-tiba,” ujarnya.

“Injak dan lepaskan berkali-kali supaya efek engine brake rem blong itu terasa, jika belum melambat, lakukan perpindahan terus-menerus ke gigi yang lebih rendah,” tambahnya.

Tetapi, ia menjelaskan, melepaskan kopling tesebut jangan terlalu kasar, karena bisa membuat roda penggerak terkunci sehingga kendaraan bisa tergelincir atau yang lebih parah bisa terguling.

Jika cara tersebut masih belum efektif untuk meredam kecepatan kendaraan, Jusri menyarankan pengendara untuk mencari objek-objek yang dapat menghambat laju kendaraan.

“Kalau kecepatan masih tinggi, bisa masuk ke jalur penyelamat, tapi kalau ada. Kalau gak ada, cari objek-objek yang bisa menghentikan laju percepatan mobil, seperti gundukan pasir, semak-semak, tebing, pagar, sawah,” jelasnya.

“Tapi caranya jangan ditabrakkan secara frontal, serempetin,” ucap Jusri.

Untuk meminimalisir kemungkinan rem blong, Jusri juga menyarankan, khususnya untuk kendaraan niaga, jangan terlalu sering menginjak tuas rem.

“Jangan sedikit-sedikit pakai rem kaki, terutama untuk angkutan barang. Rem kaki ini tidak direkomendasi,” ujarnya.

“Mereka (produsen) sudah menyediakan rem-rem yang tidak selalu rem kaki, mereka sudah punya exhaust brake, atau retarder, yang pengeremannya itu hampir sama dengan engine brake di mobil-mobil kecil,” tutupnya.

Sumber : https://www.gridoto.com/read/01255917/jangan-panik-sob-jika-rem-blong-lakukan-hal-ini?page=all#!%2F

About The Author

Zipitrans

No Comments

Leave a Reply

TESTIMONI PELANGGAN

APA KATA MEREKA


Di bawah ini adalah beberapa dari Testimoni para pelanggan kami. Jika Anda hendak memberi testimoni dan kepuasan ke kami, silakan isi formulir yang tersedia, atau silakan Chat langsung melalui Livechat

HUBUNGI KAMI

Contact Us


Saat kami sedang offline, silakan isi form kontak di bawah ini. Untuk kontak lebih cepat, bisa via Telepon, Live Chat atau WA

Jam Layanan:

Setiap Hari : 05.00 am – 22.00 pm
Sat-Sun: 05.00 am – 16.00 pm

Nomor Kontak:

Telp. 0813 82 8000 82

WA. 0813 82 8000 82

Alamat Kantor:

Jl. Seruni 4 Blok F5 No. 10
Kel. Bencongan Indah

Kelapa Dua, Tangerang

SEND EMAIL