Menghidupkan Mobil Injeksi Yang Kehabisan Bensin Di Tengah Jalan

Menghidupkan Mobil Injeksi Yang Kehabisan Bensin Di Tengah Jalan

Kali ini kita membahas cara Menghidupkan Mobil Injeksi Yang Kehabisan BensinMobil-mobil saat ini memang lebih didominasi dengan mobil sistem injeksi dibandingkan dengan sistem karburator. Sistem injeksi bekerja dengan membutuhkan daya listrik untuk membakar bahan bakar di dalam rung bakar. Sehingga ketika mengalami mogok, tentu saja anda tidak bisa mendorongnya seperti layaknya mobil-mobil sistem karburator. Ada banyak penyebab mobil mogok, salah satunya dikarenakan mobil yang kehabisan bensin. Meskipun saat ini mobil-mobil sudah didukung dengan indikator bahan bakar, namun permasalahan klasik ini tetap masih dapat terjadi.

Mobil yang kehabisan bensin inilah yang menjadi penyebab mobil jalan tersendat-sendat karena tekanan bensin yang kurang dari normalnya. Pada mobil-mobil injeksi dengan umur melebihi 10 tahun biasanya akan terdapat banyak endapan karat dan kotoran di dalam tangki bahan bakar yang ikut naik dan kemudian menyebabkan injektor tersumbat meskipun anda sudah memasang filter bensin. Lalu bagaimana cara menghidupkan mobil injeksi yang kehabisan bensin?

Pertama kali yang harus anda lakukan adalah meminggirkan kendaraan anda di tempat yang aman. perlu anda ketahui jika mobil injeksi tidak dapat didorong saat kehabisan bensin karena malah dapat menyebabkan kerusakan pada komponen di dalamnya.

Kemudian tentu saja anda harus mengisi bensin mobil anda kembali hingga penuh sesuai dengan volume pada tangki bahan bakar. Berikut adalah cara Menghidupkan Mobil Injeksi Yang Kehabisan Bensin.

Jangan langsung menghidupkannya, lebih baik anda perlu menunggu beberapa saat sebelum anda akan menghidupkan kembali mesin kendaraan. Hal ini bertujuan agar bahan bakar dapat mengalir menuju sistem pembakaran dengan sempurna. Jika tidak, dikhawatirkan dapat menimbulkan kerusakan pada komponen lainnya.

Nyalakan hingga semua fungsi-fungsi di dalamnya berjalan normal

Namun jika tangki bensin sudah terisi penuh dan mesin tetap tidak dapat menyala, maka anda harus melakukan pemeriksaan pada komponen-komponen sistem suplay bahan bakar, yaitu sistem injeksi mobil.

Pada mobil injeksi, anda dapat mencoba mengendurkan fuel rail yang ada di throttle body dan setelah itu hidupkan kembali mesin kendaraan.

Jika kondisi filter dan fuel pressure tetap dapat bekerja dengan baik, maka bensin dapat menyemprot dengan keras.

Namun jika tidak terdapat semprotan yang keras, maka dikhawatirkan terjadi permasalahan pada pompa bensin sehingga membutuhkan penggantian komponen. Biasanya saat pompa bensin bermasalah, maka sekring EFI pada boks sekring putus. Lakukan perbaikan pada kerusakan tersebut sehingga mobil anda dapat berjalan kembali.

Namun ada beberapa hal yang penting yang harus anda perhatikan ketika melakukan pengisian bensin kembali. Terkadang meskipun indikator penunjuk bensin berada pada posisi E, biasanya mobil tetap memiliki cadangan bahan bakar (reservoir). Hal ini memang bertujuan agar pengguna mobil tetap dapat bisa menjangkau SPBU terdekat. Akan tetapi yang perlu diingat adalah setiap mobil memiliki volume bensin cadangan yang berbeda satu sama lainnya. Biasanya pabrikan membuat tangki cadangan berkapasitas 5 liter namun ada beberapa yang didukung hingga kapasitas 10 liter.

Apakah Ada Dampak Dari Mobil Injeksi Yang Kehabisan Bensin?

Dampak dari mobil injeksi yang kehabisan bensin tentu saja membuat mobil mogok tidak bisa distarter. Namun sebenarnya tak hanya dapat membuat mobil mogok di tengah jalan ketika dikendarai saja, jika kondisi ini terus menerus terjadi pada mobil injeksi anda maka dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen di dalamnya. Namun masih belum jelas apakah dampak jika kebiasaan ini terus menerus terjaid pada mobil anda, ada yang mengatakan akan merusak sistem injeksi ada pula yang mengatakan jika mesin mobil tidak dapat dinyalakan kembali. Namun pendapat ini masih simpang siur di kalangan dunia otomotif.

Ada lagi yang memberikan pendapat jika mobil injeksi terus menerus kehabisan bensin, dapat menghilangkan kevakuman dalam jalur bahan bakar yang berasal dari tangki bensi dan pompa injektor (nozzle). Hal ini dikarenakan mobil mengalami kehabisan bahan bakar ataupun isi tangki bensin terlalu sedikit. Sehingga menyebabkan saluran ini kemasukan angin di sela-sela proses pembakaran yang sering dinamakan “masuk angin”. Kondisi seperti ini memang menjadi salah satu penyakit yang sering terjadi pada mesin diesel, terutama mobil diesel yang masih menggunakan teknologi lama.

Namun saat ini sudah banyak mobil berteknologi injection yang dilengkapi dengan regulator, yang mana dapat mengatur tekanan pada bahan bakar sehingga ketika mobil kehabisan bensin tidak ada dampak negatif yang terjadi seperti adanya angin palsu dalam ruang pembakaran. Pada mobil injeksi, kondisi terburuknya ketika kondisi bensin mengalami penurunan adalah tekanan fuel pump menjadi turun dari kisaran nilai normal sekitar 250-300 Kpa. Setelah itu bagian EG akan OFf, yang dimaksud dengan OFF adalah ECM akan memberhentikan sinyal yang menuju fuel pump dan fuel pump akan berhenti beroperasi.

Itulah cara Menghidupkan Mobil Injeksi Yang Kehabisan Bensinsemoga bermanfaat untuk anda semua.

Sumber : https://showroommobil.co.id/tips-dan-trick/cara-menghidupkan-mobil-injeksi-yang-kehabisan-bensin/

About The Author

Zipitrans

No Comments

Leave a Reply

TESTIMONI PELANGGAN

APA KATA MEREKA


Di bawah ini adalah beberapa dari Testimoni para pelanggan kami. Jika Anda hendak memberi testimoni dan kepuasan ke kami, silakan isi formulir yang tersedia, atau silakan Chat langsung melalui Livechat

HUBUNGI KAMI

Contact Us


Saat kami sedang offline, silakan isi form kontak di bawah ini. Untuk kontak lebih cepat, bisa via Telepon, Live Chat atau WA

Jam Layanan:

Setiap Hari : 05.00 am – 22.00 pm
Sat-Sun: 05.00 am – 16.00 pm

Nomor Kontak:

Telp. 0813 82 8000 82

WA. 0813 82 8000 82

Alamat Kantor:

Jl. Seruni 4 Blok F5 No. 10
Kel. Bencongan Indah

Kelapa Dua, Tangerang

SEND EMAIL