Perawatan Audio Mobil : Proses dan Penanganannya

Perawatan Audio Mobil : Proses dan Penanganannya

Audio mobil merupakan piranti yang banyak digunakan pengguna mobil, hampir disetiap mobil pasti memasang audio. Audio menjadi salah satu hiburan dan teman penat disaat jalanan sedang macet apalagi jika kita sedang bepergian tanpa teman, betapa menjenuhkannya perjalanan kita.

Dengan audio ini, maka pengemudipun menjadi terhibur karena mereka bisa mendengarkan musik ataupun radio dalam mobil. Namun banyak yang menyepelekan perangkat ini, kebanyakan dari kita tidak memperhatikan perawatannya hanya mau menggunakannya saja, padahal perawatan audio mobil tidaklah sulit.

Nah bagi anda pecinta mobil, untuk mengetahui bagaimana Perawatan Audio Mobil dengan mudah, mari kita simak artikel di bawah ini.

1. Matikan Audio Mobil Sebelum Mematikan Mesin Mobil

Langkah yang pertama perawatan audio mobil yaitu mematikan audio terlebih dahulu sebelum mematikan mesin mobil, mematikan mesin mobil tanpa mematikan audio mobil ternyata dapat memperpendek usia audio, ketika sistem audio mobil tetap menyala saat kita mematikan mobil maka audio pun akan secara otomatis menyala bersamaan dengan saat mobil kembali di starter.

Jika terjadi seperti itu, sistem audio akan mendapatkan tegangan dari aki yang kurang stabil sehingga dapat merusak komponen di dalamnya. Selanjutnya jika anda ingin melakukan modifikasi audio mobil, lakukanlah dengan benar ya sobat, jangan asal – asalan. Jika prosesnya dilakukan asal – asalnya yang ada audio mobil anda akan mengalami kerusakan.

2. Gunakan CD original

Tidak dapat dipungkiri lagi, CD dengan kualitas original juga mempengaruhi kondisi audio player anda, hal ini karena CD original memberikan efek kepada kinerja optik pada audio player anda. Kualitas audio yang buruk ternyata disebabkan oleh penggunaan dari CD bajakan.

CD bajakan memang tidak memiliki kualitas audio sebagus CD yang asli. Selain itu CD bajakan membuat perangkat mebjadi bekerja lebih keras lagi sehingga audio menjadi cepat rusak. Nah, hal ini akan menjadi alasan kita agar selalu membeli CD yang asli. Untuk memaksimalkan perawatan audio mobil, sudah sewajarnya anda melakukan perawatan interior mobil yang lainnya ya sobat.

3. Bersihkan Debu di Head Unit

Langkah ketiga yaitu jangan malas untuk membersihkan debu yang menempel di head unit, hal ini merupakan kewajiban kita dengan Perawatan Audio Mobil. Perhatikan juga celah-celah yang tak terlihat, rajin-rajinlah membersihkan debu yang menempel.

Jika head unit mati, chek terlebih dahulu apakah ukuran din sesuai atau tidak terutama jika anda pernah mengganti head unit standar dengan menggunakan produk after market. Jika sebelum dipasang head unit hidup namun pada saat dipasang mati, masalahnya bukan pada instalasinya namun pada melemahnya komponen yang terdapat di head unit atau pada IC regulator yang kurang normal.

Sebelum kita memasang atau mengganti head unit, pastikan terlebih dahulu apakah semua komponen head unit berfungsi dengan baik. Kemudian satu hal lagi yang perlu anda perhatikan adalah power audio mobil cepat panas bisa juga disebabkan oleh debu yang sudah menumpuk tersebut.

4. Atur Komposisi Bass, Trible, Midle Dengan Teratur

Mengatur equalizer dalam audio player adalah salah satu hal yang menarik. Equalizer dibuat untuk menyesuaikan suara sesuai dengan selera telinga anda. Kombinasikan antara bass, medle dan middle secara seimbang untuk memberikan suara dengan kualitas terbaik, selain untuk mengeluarkan suara yang enak didengar, juga hal ini dapat memperpanjang usia audio mobil semuanya harus seimbang.

5. Volume Diusahakan Tidak Melebihi Batas Maksimal

Selain mengganggu pendengaran, suara yang terlalu keras juga membuat audio menjadi cepat rusak. Dalam hal ini menggunakan audio dengan volume tidak melebihi batas maksimal, biasanya jika kita menggunakan volume yang terlalu keras, audio player sering kali mengalami kerusakan entah karena hantaman suara yang terlalu keras sehingga membuat audio menjadi tidak mampu lagi mengeluarkan suara terbaiknya.

Hal ini juga menjadi slah satu penyebab rusaknya speaker mobil. jika speaker mati dan untuk mengetahui kerusakannya, anda harus melihat terlebih dahulu apakah sistem audio tersebut menggunakan ampliffier atau tidak, jika tidak biasanya kerusakan terjadi dibagian kabel. Seperti kabel yang terjepit pintu ataupun kabel yang menempel dibagian body.

Solusinya adalah dengan membuka door trim pintu lalu memeriksa kabel speaker dan sambung kembali kabel yang terlepas atau rapikan kabel tersebut. Namun, apabila menggunakan amplifier, biasanya disebabkan oleh overheat atau power yang terlalu panas. Solusinya yaitu anda jangan menutup lubang sirkulasi pada amplifier mobil anda.

6. Bersihkan Optik Dengan CD Cleaner

Langkah terakhir dalam perawatan audio mobil anda, usahakan setiap satu atau dua bulan sekali membersihkan optik, cukup mudah membersihkan optik audio player karena saat ini banyak pembersih optik yang dijual ditoko aksesoris mobil. Biasanya pembersih optik berupa cairan yang dapat disemprotkan, bersihkan optik dengan cara menyemprotkan menggunakan CD cleaner, kemudian bersihkan. Hal ini dapat membantu merawat optik pada mobil anda.

Nah itulah 6 langkah Perawatan Audio Mobil dengan mudah, dengan begitu audio mobil anda akan terawat dengan baik. Walaupun sering kali perangkat ini tidak dianggap penting, namun audio sanagt membantu anda terhindar dari kepenatan ketika anda dihadapkan dengan kondisi jalanan yang macet. Selain anda harus melakukan pembersihan secara rutin, dari awalnya anda wajib tau audio mana yang baik dengan memperhatikan tips memilih audio mobil agar sesuai dengan komponen mobil yang berhubungan.

Sebagai hiburan, anda bisa memutar lagu – lagu favorit anda melalui audio player anda. Jadi, mulai saat ini jangan pernah anggap audio anda hal sepele yang tidak perlu memerlukan perawatan. Terapkan bahwa perawatan komponen lainnya sama pentingnya seperti perawatan mesin mobil. Sekian artikel yang saya bagikan kali ini mengenai perawatan audio mobil, semoga bermanfaat dan menjadi sumber referensi anda dalam merawat audio mobil anda. Selamat membaca dan sampai jumpalagi dilain artikel. Terima kasih.

Sumber : https://showroommobil.co.id/perawatan/perawatan-audio-mobil/

About The Author

Zipitrans

No Comments

Leave a Reply

TESTIMONI PELANGGAN

APA KATA MEREKA


Di bawah ini adalah beberapa dari Testimoni para pelanggan kami. Jika Anda hendak memberi testimoni dan kepuasan ke kami, silakan isi formulir yang tersedia, atau silakan Chat langsung melalui Livechat

HUBUNGI KAMI

Contact Us


Saat kami sedang offline, silakan isi form kontak di bawah ini. Untuk kontak lebih cepat, bisa via Telepon, Live Chat atau WA

Jam Layanan:

Setiap Hari : 05.00 am – 22.00 pm
Sat-Sun: 05.00 am – 16.00 pm

Nomor Kontak:

Telp. 0813 82 8000 82

WA. 0813 82 8000 82

Alamat Kantor:

Jl. Seruni 4 Blok F5 No. 10
Kel. Bencongan Indah

Kelapa Dua, Tangerang

SEND EMAIL