Sekilas Sejarah dan Cerita Misteri di Balik Keberadaan Tanjakan Emen

Sekilas Sejarah dan Cerita Misteri di Balik Keberadaan Tanjakan Emen

Ketika kita akan pergi ke daerah tempat wisata yang cukup terkenal di Lembang, yakni Ciater, pengunjung pasti akan melewati jalan yang cukup menurun. Salah satu yang terkenal di tempat ini adalah kehadiran Tanjakan Emen yang menyimpan misteri dan terkenal karena sering terjadi kecelakaan. Dan banyak orang percaya bahwa ketika kita akan melewati tanjakan ini, sebaiknya kita membuang sebatang rokok agar selamat sampai tujuan.

Sekilas Sejarah Mengenai Tanjakan Emen

Tanjakan Emen sebenarnya memiliki sejarah tersendiri mengapa ia memiliki julukan nama tersebut. Alkisah seorang sopir yang bernama Emen pada tahun 1965 lalu pergi setiap hari mengangkut barang dagangan sayuran melintasi jalur Subang-Bandung. Suatu waktu, ketika ia melewati tanjakan ini saat malam hari yang jauh dari keramaian, ia mengalami kecelakaan yang sangat tragis, dimana ia terbakar hidup-hidup hingga ajal menimpanya. Dari sinilah cerita urban legend bermula.

Semenjak saat itu, banyak kecelakaan terjadi ditempat ini, apalagi dulu jalannya masih sempit dan jalur yang harus dilalui pada dasarnya cukup terjal. Bahkan kecelakaan yang terjadi disini biasanya karena rem yang blong, sehingga banyak orang yang meninggal didaerah Tanjakan Emen karena kecelakaan tragis. Dari sinilah orang-orang percaya bahwa arwah Emen masih menghantui jalur tersebut, dan agar orang-orang yang melintasi tempat ini, sebaiknya membuang sebatang rokok sebagai izin melintasi jalan tersebut. Dan percaya atau tidak, itu karena Emen merupakan seorang pecandu rokok.

Tahun demi tahun semakin banyak orang yang percaya, meskipun pada dasarnya itu merupakan sekedar mitos, namun masih banyak orang hingga hari ini masih percaya. Apalagi, banyak kejadian yang sering menimpa di tanjakan ini, bahkan biasanya kecelakaan yang hadir cukup tragis dan berakhir dengan hilangnya nyawa.

Sedikit tips saat melewati Tanjakan Emen

Nah, bagi anda sebaiknya tidak terlalu percaya mengenai hal tersebut, karena segala sesuatu hanya Tuhanlah yang tahu. Namun, ada baiknya anda membaca sedikit tips dari kami saat melewati jalur ini, apalagi jalan ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tempo dulu. Jalan sekarang jauh lebih lebar dan nyaman untuk dilalui. Beberapa tips yang bisa membantu anda diantaranya :

  1. Sebelum melalui jalur ini, periksalah kendaraan anda agar kendaraan layak untuk dipakai, khususnya mengenai rem dan kondisi ban.
  2. Selalu berjalan dengan kecepatan yang ideal dan yang disarankan. Anda jangan sampai memakai kecepatan yang tinggi.
  3. Selalu waspada dengan daerah sekitar apalagi jika malam hari, khususnya jika anda melihat kendaraan yang melintasi dan mencoba mendahului anda. Biarkan kendaraan tersebut mendahului.
  4. Selalu memakai sabuk tangan, baik itu pengemudi ataupun penumpang. Anda tidak tahu kapan harus berhenti mendadak bukan.
  5. Dan yang terakhir adalah selalu berdoa kapan saja dan dimana saja, termasuk saat akan pergi melewati Tanjakan Emen. Pilihan membuang sebatang rokok itu terserah anda.

Nah, itu dia sedikit tips yang mungkin saja bisa bermanfaat untuk anda sekalian.

Sumber : https://suryarentcar.com/tanjakan-emen/

About The Author

Zipitrans

No Comments

Leave a Reply

TESTIMONI PELANGGAN

APA KATA MEREKA


Di bawah ini adalah beberapa dari Testimoni para pelanggan kami. Jika Anda hendak memberi testimoni dan kepuasan ke kami, silakan isi formulir yang tersedia, atau silakan Chat langsung melalui Livechat

HUBUNGI KAMI

Contact Us


Saat kami sedang offline, silakan isi form kontak di bawah ini. Untuk kontak lebih cepat, bisa via Telepon, Live Chat atau WA

Jam Layanan:

Setiap Hari : 05.00 am – 22.00 pm
Sat-Sun: 05.00 am – 16.00 pm

Nomor Kontak:

Telp. 0813 82 8000 82

WA. 0813 82 8000 82

Alamat Kantor:

Jl. Seruni 4 Blok F5 No. 10
Kel. Bencongan Indah

Kelapa Dua, Tangerang

SEND EMAIL