Tips Menghindari Dehidrasi Dalam Kendaraan

Tips Menghindari Dehidrasi Dalam Kendaraan

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ari Fahrial Syam menyampaikan Tips Menghindari Dehidrasi selama perjalanan kembali ke kota asalnya, usai merayakan Lebaran di kampung halaman.

Ari meminta para pemudik lebih waspada, terlebih tersiar kabar bahwa belasan pemudik meninggal dalam kemacetan arus mudik di Brebes, Jawa Tengah. Banyak yang menduga mereka meninggal karena kelelahan. Pada Senin 4 Juli 2016, Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, memprediksi kematian belasan pemudik selama kemacetan tersebut disebabkan kondisi kesehatan pemudik yang kurang baik.

Menurut dokter yang praktik di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta ini, perjalanan jauh, apalagi harus berlama-lama di tengah kemacetan membuat pemudik rentan terkena dehidrasi. Ari menjelaskan, ketersediaan air yang terbatas dan sulitnya buang air kecil membuat seseorang dalam perjalanan cenderung malas minum.

“Jika mengabaikan Tips Menghindari Dehidrasi tentu akan memperberat kondisi dehidrasi yang terjadi belum lagi jika mereka berada di dalam kendaraan ber-AC dan dengan sirkulasi udara yang tidak baik,” kata Ari dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, 9 Juli 2016.

Di sisi lain, kata Ari, udara yang terlalu dingin atau terlalu panas, akan membuat kulit kering sehingga tidak bisa mempertahankan air dari dalam tubuh. Akibatnya, tubuh mudah mengalami dehidrasi. “Jadi bisa ditebak jika kita berada puluhan jam di ruang AC maka kita akan mudah jatuh kedalam kondisi dehidrasi,” ujar dia.

Ari menuturkan untuk seseorang yang tidak mempunyai penyakit kronik mungkin akan kuat menghadapi kondisi dehidrasi. Namun, untuk orang tua dengan penyakit kronis seperti sakit jantung atau sakit paru-paru, dehidrasi menjadi sangat berbahaya.

Menurut Ari, orang tua mempunyai kepekaan terhadap rasa haus yang rendah. Dehidrasi membuat jantung berdetak lebih cepat, mengalami sakit kepala, dan emosinya meningkat. “Bisa saja menyebabkan terjadinya penurunan kesadaran,” ujar dia.

Selain itu, nutrisi, dan asupan elektrolit yang rendah, kondisi stres di tengah perjalanan akibat berjam-jam terjebak macet juga dapat memperburuk kondisi kesehatan pemudik. Terutama bagi mereka yang sebelumnya sudah memiliki masalah kesehatan. Stress, kata Ari, akan meningkatkan kecemasan dan membuat jantung berdetak lebih cepat, serta meningkatkan kadar asam lambung. Buat penderita darah tinggi, Ari Menjelaskan, stres membuat tekanan darah dan kadar gula darah meningkat.

“Buat saya sebagai dokter kejadian “macet horor Brebes” ini menjadi catatan tersendiri buat saya kedepannya untuk berpikir dua kali untuk mengizinkan pasien-pasien usia lanjut saya yang akan mudik lebaran ke Jawa melalui jalan darat,” kata Ari. Kelelahan, lanjut Ari, pasti akan terjadi apalagi mereka tidak dapat beristirahat dengan optimal karena kemacetan terjadi ditengah jalan tol yang tidak memungkinkan setiap saat berhenti seenaknya di bahu jalan.

Untuk mengantisipasi kemacetan serupa terjadi saat arus balik, Ari mengingatkan para pemudik untuk menyiapkan makanan Kecil dan minuman yang cukup selama perjalanan. “Tetap pertahankan minum 2 liter dalam 24 jam. Jika didalam perjalanan kita banyak keringat, jumlah air minum harus ditingkatkan,” katanya.

Siapkan juga buah-buahan seperti jeruk, apel atau buah peer. Buah bisa jadi sumber kalori, air, serat vitamin dan mineral. “Tetap minum setiap 2 jam walau kita tidak haus. Arus balik pasti tidak separah arus mudik tapi tetap harus diantisipasi,” katanya.

Demikian Tips Menghindari Dehidrasi saat bepergian jarak jauh ini semoga bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih.

Sumber : https://aura.tabloidbintang.com/cantik-sehat/read/42272/waspadai-dehidrasi-saat-perjalanan-jauh

About The Author

Zipitrans

No Comments

Leave a Reply

TESTIMONI PELANGGAN

APA KATA MEREKA


Di bawah ini adalah beberapa dari Testimoni para pelanggan kami. Jika Anda hendak memberi testimoni dan kepuasan ke kami, silakan isi formulir yang tersedia, atau silakan Chat langsung melalui Livechat

HUBUNGI KAMI

Contact Us


Saat kami sedang offline, silakan isi form kontak di bawah ini. Untuk kontak lebih cepat, bisa via Telepon, Live Chat atau WA

Jam Layanan:

Setiap Hari : 05.00 am – 22.00 pm
Sat-Sun: 05.00 am – 16.00 pm

Nomor Kontak:

Telp. 0813 82 8000 82

WA. 0813 82 8000 82

Alamat Kantor:

Jl. Seruni 4 Blok F5 No. 10
Kel. Bencongan Indah

Kelapa Dua, Tangerang

SEND EMAIL