Tempat Wisata di Bandung, Gedung Sate

Tempat Wisata di Bandung, Gedung Sate

Gedung Sate yang terletak di Bandung, adalah Tempat Wisata di Bandung yang terkenal dan di masa lalu disebut dengan Gouvernements Bedrijven (GB). Peletakan batu pertama Pembangunan gedung sate dilakukan oleh Johanna Catherina Coops, yakni puteri sulung Walikota Bandung, B.Coops dan Petronella Roelofsen, yang mewakili Gubernur Jenderal di Batavia, J.P. Graaf van Limburg Stirum, pada tanggal 27 Juli 1920.

Gedung Sate merupakan hasil perencanaan sebuah tim yang terdiri dari Ir.J.Gerber, arsitek muda kenamaan lulusan Fakultas Teknik Delft Nederland, Ir.Eh.De Roo dan Ir.G.Hendriks serta pihak Gemeente van Bandoeng, yang diketuai oleh Kol.Purnawirawan.VL.Slors dengan melibatkan 2.000 pekerja dan menjadi Tempat Wisata di Bandung, 150 orang diantaranya merupakan tenaga pemahat, atau ahli bongpay pengukir batu nisan dan pengukir kayu berkebangsaaan China yang berasal dari Konghu atau Kanton, serta dibantu oleh tukang batu,kuli aduk dan peladen yang berasal dari penduduk Kampung Sekeloa, Kampung Coblong Dago, Kampung Gandok, dan Kampung Cibarengkok, yang sebelumnya mereka menggarap Gedong Sirap (Kampus ITB) dan Gedong Papak (Balai Kota Bandung).

Begitu Kuat dan utuhnya Gedung Sate yang hingga kini masih berdiri kokoh, dikarenakan dinding gedung tersebut terbuat dari kepingan batu-batu yang digali dari bongkahan-bongkahan batu alam yang dipotong kedalam ukuran tertentu yang jumlahnya mencapai ribuan. Kepingan batu-batu tersebut berasal dari daerah Cihaurgeulis Bandung, diangkut dengan kereta gantung menuruni perbukitan di wilayah Bandung Utara. Kalau kita perhatikan di ujung paling atas Gedung Sate tersebut terlihat tusuk sate yang berjumlah 6 buah yang menunjukan bahwa biaya pembangunan gedung sate menelan biaya sebesar 6 Holden.

Sejak tahun 1980 gedung sate identik dengan Kantor Pemerintahan Propinsi Jawa Barat yang merupakan Kantor Gubernur Jawa Barat beserta para beberapa pejabat pemerintahan lainnya berada di Gedung sate ini, tak heran saat ini Gedung Sate yang semakin mempesona, menjadi Tempat Wisata di Bandung yang tidak tergantikan.

Sumber : http://nrudyatna.blogspot.co.id/2010/08/sejarah-singkat-gedung-sate.html

About The Author

Zipitrans

No Comments

Leave a Reply